Sabtu, 13 Oktober 2012



Sejarah Singkat Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Negara Republik Indonesia yang di gunakan sebagai bahasa persatuan seluruh bangsa Indonesia. Pada masa lalu, bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Melayu yang mengalami perubahan sampai saat ini sampai menjadi bahasa Indonesia. Aksara pertama dalam bahasa Melayu atau Jawi ditemukan di pesisir tenggara Pulau Sumatera, mengindikasikan bahwa bahasa ini menyebar ke berbagai tempat di Nusantara dari wilayah ini, berkat penggunaannya oleh Kerajaan Sriwijaya yang menguasai jalur perdagangan. Istilah Melayu atau sebutan bagi wilayahnya sebagai Malaya sendiri berasal dari Kerajaan Malayu yang bertempat di Batang Hari, Jambi, dimana diketahui bahasa Melayu yang digunakan di Jambi menggunakan dialek "o" sedangkan dikemudian hari bahasa dan dialek Melayu berkembang secara luas dan menjadi beragam.
Pertama kali di jadikan bahasa Indonesia, berawal sejak terlaksananya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Muhammad Yamin mengatakan,
"Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan."

Pelaksanaan sumpah pemuda ini dilakukan untuk menghindari kesan imperialisme bahasa jika nama bahasa melayu tetap di gunakan bukan dengan nama bahasa Indonesia. Karena ini bukanlah negara Melayu melainkan negara Indonesia. Seiring berjalannya waktu, bahasa Indonesia terus menghasilkan kata – kata baru baik dari penciptaan ataupun penerjemahan arti dari bahasa daerah dan bahasa asing. Sehingga bahasa Indonesia terus berkembang dan menjadi berbeda dengan bahasa melayu yang sebenarnya pada masa lalu. Meskipun masih ada bahasa yang bercampur dengan dialek melayu. Tetapi sekarang bahasa Indonesia sudah digunakan secara luas oleh semua warga Indonesia di perguruan – perguruan, media massa, perangkat lunak, surat menyurat resmi, dan forum pulik lainnya.

Sumber :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar